728 x 90

Ajak Investor Manfaatkan Insentif di KEK

Ajak Investor Manfaatkan Insentif di KEK

Produk yang dihasilkan adalah protein hewani organik berkualitas tinggi yang berasal dari serangga yang ada pada janjangan tanaman sawit. Produk tersebut sebagai bahan baku untuk bahan pakan ternak, kosmetik dan obat-obatan. PT Unilever Oleochemical Indonesia yang barada di KEK Sei Mangkei akan menjadi salah satu offtaker produk PT API, sedangkan sisanya akan diekspor.

”PTPN III selaku Badan Usaha Pembangun dan Pengelola KEK Sei Mangkei di Sumatera Utara bersyukur dengan banyaknya investor yang masuk di kita. Hampir 200 hektar okupasi tanah yang diminati dan sudah eksisting, dengan total nilai investasi yang masuk sudah mencapai Rp 10,1 triliun,” kata Direktur Utama PTPN III, Dasuki Amsir.

Selanjutnya Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Direktur Utama PT ITDC dengan Direktur Utama: PT Metro Lestari Utama, Sky Wealth, dan PT Alam Hijau Permata, dan PT Bangun Megatama Wisata Mahadewi tentang rencana investasi pembangunan hotel di KEK Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Kerjasama dengan PT Jeju Olle Foundation terkait pembangunan Olle Walking Trail di KEK Mandalika.

PT ITDC selaku BUMN yang mengelola KEK Mandalika membangun hotel berbintang 5 dengan operator Hotel Pullman sebagai Hotel Pioner di KEK Mandalika. Konstruksi Hotel Pullman telah dimulai pada November 2016 dan akan beroperasi pada akhir 2018 dengan 253 kamar hotel.

PT ITDC juga melakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman dengan PT MOA Maju Kreasi Utama tentang pembangunan steam power plant Maloy/PLTU 2x30 MW. Dan kerjasama dengan ProCone GmbH tentang produk ethanol dari batu bara dengan kapasitas produksi 240 ribu ton per tahun.

Sekretaris Dewan Nasional KEK, Enoh Suharto Pranoto mengatakan, dalam rangka menyukseskan pembangunan KEK, pemerintah telah menerbitkan PP No. 96 Tahun 2012 yang berisi pemberian fasilitas dan kemudahan bagi pelaku usaha untuk berinvestasi di KEK. Kegiatan penandatanganan kerjasama yang dihadiri ratusan pelaku usaha itu merupakan bentuk ajakan kepada mereka untuk turut serta memanfaatkan fasilitas dan kemudahan yang berikan pemerintah di KEK.

”Fasilitas dan insentif yang diberikan di KEK itu sangat lengkap, dari mulai insentif fiscal, kemudahan imigrasi, pertanahan dan perizinan,” kata Enoh. (BR7)