728 x 90

Dari subsidi sampai promosi cara pemkot Surabaya tingkatkan produk pertanian, peternakan dan perikanan

Dari subsidi sampai promosi cara pemkot Surabaya tingkatkan produk pertanian, peternakan dan perikanan
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini disaat Gelar Produk Pertanian di halaman Balai Kota Surabaya, Minggu (19/2)

Walikota yang akrab dipanggil Risma ini juga menyampaikan Pemkot Surabaya akan memulai usaha pertanian dengan konsep mekanisasi.

"Tahun ini kita akan memulai pertanian kita dengan konsep mekanisasi. Sebab selama ini kita itu kurang tenaga kerja pertanian," ujar Risma.

Ia menyebutkan, dengan  mesin  bernama transplanter yang dipakai untuk menanam produk pertanian, maka akan membuat efisien pekerjaan pertanian, saat ini lahan yang disiapkan adalah di Kelurahan Jeruk Lakarsantri, Lahan persawahan akan disiapkan untuk penanaman padi serta dikembangkan usaha peternakan.

"Jadi biar kotoran hewan ternak juga bisa dipakai untuk pupuk lahan pertaniannya. Lalu juga bisa kita pakai untuk usaha biogas. Jadi warga sekitar bisa makai untuk dapur mereka dari biogas ini," kata Risma.

Pihaknya optimis bahwa adanya mekanisasi produk hasil pertanian bisa meningkat dari segi kuantitas. Begitu juga dengan kualitasnya juga meningkat.

Selain membantu alat transplanter, pemkot juga membantu beberapa alat untuk pertanian.

"Seperti pompa. Kalau musim kemarau mereka butuh air untuk sawah mereka, kita sediakan pompa untuk memasok air," kata Risma.

Berita Terkait