728 x 90

Banyuwangi siap jadi tujuan wisata akhir tahun

Banyuwangi siap jadi tujuan wisata akhir tahun
Salah satu lokasi wisata Kabupaten Banyuwangi, Pulau Merah (foto : indonesia-tourism.com)

Birokrasi News - Momentum musim liburan akhir tahun  dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh pemerintah Kabupaten Banyuwangi untuk menyedot setinggi-tingginya pendapatan asli daerah dari sektor pariwisata,  persiapan pun sudah dimulai sejak bulan Oktober 2016.

”Kami persiapan sejak Oktober 2016 untuk menyambut peak season pada akhir tahun 2016 berkaitan dengan libur Natal dan Tahun Baru. Para pelaku usaha wisata juga sudah dikumpulkan untuk diajak berkoordinasi oleh dinas terkait pada tanggal 17 November lalu. Jadi ini benar-benar disiapkan,” ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Anas menyebut, sejumlah pelaku pariwisata yang terus intens berkoordinasi adalah Perhimpunan Hotel dan Restaurant Indonesia (PHRI), Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), Paguyuban Usaha Tempat Rekreasi (Putri), dan sejumlah pelaku wisata lainnya.

Libur akhir tahun dipastikan membuat kunjungan wisatawan ke Banyuwangi melonjak drastis. Para wisatawan banyak berkunjung ke sejumlah destinasi wisata unggulan, seperti Kawah Ijen yang memancarkan api biru (blue fire), Pantai Pulau Merah, Pulau Tabuhan, Bangsring Underwater, Wisata Hutan Pinus Songgon, Grand Watudodol, Karo Rafting, dan Teluk Hijau.

”Kami mengajak semua pihak, ayo bareng-bareng bikin nyaman wisatawan, semuanya harus aman, bersih, ramah. Yang bisnis agen perjalanan ya dilayani dengan baik, yang bisnis makanan jangan asal menaikkan harga. Insya Allah semua siap memberi pelayanan terbaik. Perilaku sadar wisata atau tourism behaviour ini secara berkelanjutan terus kami dorong ke seluruh masyarakat, khususnya para pelaku usaha pariwisata,” papar Anas.

Anas juga memohon maaf jika Banyuwangi masih memiliki banyak kekurangan untuk menjamu wisatawan, terutama bila banyak yang tidak mendapatkan kamar hotel. Total saat ini, jumlah kamar hotel di Banyuwangi mencapai 3.200 unit, belum termasuk rumah-rumah warga yang disulap menjadi homestay. 

Berita Terkait