728 x 90

Subang gelar simulasi kampung siaga bencana

  • Rubrik Daerah
  • Minggu, 18 Des 2016 06:45
Subang gelar simulasi kampung siaga bencana
Plt. Bupati Subang, Imas Aryumningsih saat memberikan bantuan pohon, pada apel penutupan pelatihan

Birokrasi News - Plt. Bupati Subang Imas Aryumningsih menghadiri apel kesiap siagaan dan simulasi kampung siaga bencana  tingkat Propinsi Jawa Barat Tahun 2016, Penutupan pelatihan kampung siaga bencana Desa Sukakerti dan pencanangan penanaman 10.000 pohon  di Desa Sukakerti Kecamatan Cisalak. Acara tersebut dilaksanakan di Lapangan Alun-Alun Kecamatan Cisalak. (17/12).

Jawa Barat  termasuk daerah yang rawan bencana dibandingkan propinsi lain di Indonesia. Bencana alam yang terjadi cukup komplek mulai dari bencana geologi, vulkanologi, klimatologi, dan lingkungan. 

Menurut Imas Kabupaten Subang sebagai salah satu wilayah rawan bencana seyogyanya meningkatkan kesadaran untuk mengantisipasinya melalui upaya menjaga dan memelihara lingkungan yang baik serta meningkatkan kesiapan menghadapi bencana.

Ditambahkan oleh, Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Jawa Barat, Arifin H Kertasaputra bencana alam datang sulit dihindari dan banyak sebab yang mengakibatkan munculnya bencana. 

“ Upaya deteksi dini dan penanggulangan bencana bukan saja kewajiban pemerintah, melainkan seluruh stakeholder, baik itu masyrakat maupun swasta “. ujarnya

Karena hal tersebut Dinas Sosial Jawa Barat berusaha meningkatkan kapasitas masyarakat, agar selalu siap siaga, dalam menghadapi bencana. Salah satunya dengan memberikan pelatihan dan simulasi penanggulangan bencana.

Pada kesempatan itu Pemerintah Kabupaten Subang menerima bantuan berupa mobil dapur umum dan peralatan penanggulangan bencana  dari propinsi Jawa Barat yang diawali dengan penandatangan berita acara serah terima dari Pemerintah Daerah Propinsi Jawa Barat kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Subang yang diterima oleh Kepala Dinas Soaial Kabupaten Subang dengan disaksikan oleh Plt. Bupati Subang. (BNC1)