728 x 90

50 hari tim Saber Pungli

  • Rubrik Hukum
  • Minggu, 18 Des 2016 16:20
50 hari tim Saber Pungli
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan - Wiranto

Birokrasi News - Sudah 50 hari sejak terbentuknya tim sapu bersih pungutan liar (saber Pungli) setidaknya telah menerima 17.600 laporan yang masuk dan sudah ada 22 kasus operasi tangkap tangan yang dilakukan tim saber pungli, seperti disebutkan oleh Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto, saat menghadiri kampanye budaya antipungli di arena Car Free Day, Jakarta, Minggu (18/12).

Wiranto, mengajak kementerian atau lembaga pemerintahan aktif ‎mengawasi dan menindak aksi pungutan liar (pungli) di internal mereka, diharapkan dengan keterlibatan lembaga pemerintahan dalam menangani masalah pungli akan menumbuhkan investasi dan pembangunan ekonomi bangsa, serta masyarakat akan terhindar dari kerugian secara materi, khususnya masyarakat dengan penghasilan kecil. 

“Masyarakat merasa, jangan-jangan saber pungli sifatnya 'anget-anget tai ayam'. Saya katakan tidak, dari namanya sapu bersih. Sebelum pungli bersih dari indonesia, kita tidak akan pernah berhenti. Saya akan terus ikut kegiatan saber pungli, sampai saya saksikan pungli bersih dari bumi indonesia," ujar Wiranto.

Inspektur Pengawasan Umum Polri Komjen Pol Dwi Priyatno selaku pimpinan satgas saber pungli meminta masyarakat proaktif melaporkan adanya praktik pungli yang mereka temu sehari-hari, sehingga penindakannya lebih cepat.

"Jadi masyarakat sekarang harus berani melapor dan mau jadi saksi," ujar Dwi saat ditemui di Monas, Minggu pagi.

Dwi mengatakan, sejauh ini sudah ada belasan ribu laporan masyarakat yang masuk ke satgas. Sejak dibentuk 28 Oktober 2016, satgas sudah melakukan 22 kali menindak kasus pungli dari berbagai instansi dan daerah.