728 x 90

Amazon go, pengalaman berbelanja di toko tanpa kasir

Amazon go, pengalaman berbelanja di toko tanpa kasir

Birokrasi News - Eksperimen terbaru dari Amazon.com Inc yang memungkinkan pelanggan di sebuah toko dapat mengambil makanan dan minuman serta barang-barang lainnya dalam sebuah supermarket tanpa harus melakukan proses pembayaran lagi di kasir, cukup menggunakan sensor pada smartphone untuk menditeksi barang-barang yang sudah dibeli dan tagihan akan dikirim ke akun Amazon mereka.

Untuk saat ini, hanya karyawan Amazon dapat berbelanja di toko Amazon go, yang berdiri dilahan 1.800 meter persegi, di pusat kota Seattle. 

Amazon menyatakan pihaknya berencana membuka Amazon go untuk masyarakat awal tahun depan, setelah sebelumnya melakukan layanan AmazonFresh yang mengirimkan produk bahan-bahan makanan ke rumah-rumah pelanggan.

Jika tes ini berhasil, Amazon berencana membuka 2.000 toko, demikian seperti dilaporkan Wall Street Journal, Senin, mengutip salah seorang nara sumber. Perusahaan itu sedang mempertimbangkan format toko lain, termasuk sebuah format yang memungkinkan pengemudi mendapatkan barang belanjaannya di sisi trotoar.

"Jalur kasir selalu menjadi bagian yang tak efisien di setiap toko," kata Neil Saunders, managing director firma riset ritel Columino. "Tak hanya dapat menghemat banyak tenaga kerja, tapi juga akan membuat proses lebih cepat bagi konsumen dan jauh lebih memuaskan."

Namun, pengalaman grab and go akan butuh waktu penyesuaian, tambahnya.

Berita Terkait