728 x 90

Seluruh Indonesia gelar, Apel Nusantara Bersatu

  • Rubrik Hankam
  • Rabu, 30 Nov 2016 08:10
Seluruh Indonesia gelar, Apel Nusantara Bersatu
Apel Nusantara bersatu di Lapangan Blang Padang, Kota Banda Aceh, Rabu (30/11) (fhoto : harianaceh.co.id/Oviyandi)

Birokrasi News - Segenap elemen bangsa bersama-sama dengan prajurit TNI-Polri diseluruh wilayah Indonesia hari ini, Rabu (30/11), secara serentak mengelar upacara kebangsaan bertajuk Apel Nusantara Bersatu dengan melakukan doa bersama demi memperkokoh semangat persatuan dan kesatuan bangsa.

Apel Nusantara Bersatu melibatkan peserta dari berbagai kalangan dan lintas instansi. Peserta yang terlibat dalam upacara adalah pelajar sekolah dan universitas, tokoh lintas agama, budayawan, pejabat publik, musisi, artis, serta aparat penegak hukum.

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian hadir bersama deretan pejabat dan tokoh publik, turut serta mengikuti acara Nusantara Bersatu dengan tema “Nusantara Bersatu, Indonesia Milikku, Indonesia Milikmu, Indonesia Milik Kita Bersama, Bhinneka Tunggal Ika”, di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat.

Aksi Apel Nusantara Bersatu dimulai pada pukul 08.00 pagi secara serentak diseluruh Indonesia, dilaksanakan dilapangan terbuka dengan memakai ikat kepala Merah Putih, diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya tarian masing-masing daerah, pembacaan puisi, display drum band, pawai kendaraan, orasi kebangsaan dan ditutup dengan doa bersama, berjalan dengan aman, tertib dan lancar. Kegiatan ini juga untuk menunjukkan pada dunia bahwa, Bangsa Indonesia adalah bangsa yang kuat, solid dan bermartabat karena kemajemukannya.

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo sebagai penggagas kegiatan Nusantara Bersatu mengatakan bahwa Indonesia Milikku, Indonesia Milikmu, Indonesia Milik Kita Bersama, dari Sabang sampai Merauke, karena bangsa Indonesia adalah bangsa yang sangat besar dan dalam tubuh rakyat Indonesia mengalir Jiwa Patriot dan Kesatria. “Indonesia adalah bangsa yang besar dan paling makmur, itu karena anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa Allah SWT,” ucapnya.

Seremoni besar-besaran ini digelar untuk menunjukkan persatuan dan kekuatan negara dari ancaman yang berpotensi memecah belah keutuhan bangsa. Apel pun digelar berselang dua hari sebelum rencana aksi demonstrasi 2 Desember.

Berita Terkait