728 x 90

Membanggakan, Dua Siswa Indonesia Juara di kompetisi Roket Air Asia Pasifik

  • Rubrik Sains
  • Senin, 14 Nov 2016 09:13
Membanggakan, Dua Siswa Indonesia Juara di kompetisi Roket Air Asia Pasifik
Bayu Dwi Tjahyono dari SMPN 5 Kebumen juara dua Kompetisi roket air Asia Pasifik dalam rangka Asia-Pacific Regional Space Agency Forum (APRSAF) atau pertemuan lembaga antariksa Asia Pasifik ke-23 tersebut berlangsung di Los Banos, Filipina, Minggu (13/11)

Birokrasi News - Dua siswa Indonesia berhasil meraih juara dua dan tiga dalam kompetisi roket air Asia Pasifik. Kompetisi dalam rangka Asia-Pacific Regional Space Agency Forum (APRSAF) atau pertemuan lembaga antariksa Asia Pasifik ke-23 tersebut berlangsung di Los Banos, Filipina, Minggu (13/11).

Dalam kompetisi tersebut, Bayu Dwi Tjahyono dari SMPN 5 Kebumen meraih juara dua. Sementara itu, Alfian Pebriansyah dari SMKN 4 Pontianak meraih juara tiga. Kedua siswa sebelumnya juga menjuarai kompetisi roket air di tingkat regional dan nasional yang diselenggarakan oleh Pusat Peragaan Iptek (PP Iptek).

Tahun ini, juara kompetisi roket air internasional tersebut diraih oleh peserta dari Malaysia, Lukman Alhakim. Sementara itu, juara favorit diraih oleh peserta dari Vietnam, Van Nam Nguyen. Pada tahun ini, kompetisi diikuti oleh 54 peserta dari 13 negara yaitu Bangladesh, Kamboja, China, India, Indonesia, Jepang, Malaysia, Nepal, Filipina, Singapura, Srilanka, Thailand, dan Vietnam.

Kompetisi roket air ini telah dilaksanakan setiap tahun sejak 2005 dan diikuti oleh siswa berusia 12 hingga 16 tahun. Kompetisi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman para siswa mengenai ilmu pengetahuan dan teknologi penerbangan dan antariksa. Dalam kompetisi ini, peserta membuat roket dari botol minuman soda yang diisi dengan air. Siswa kemudian mengatur tekanan dan sudut untuk meluncurkan roket tersebut.

LAPAN berharap keberhasilan ini akan menjadikan semangat bagi anak-anak Indonesia untuk mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi penerbangan dan antariksa. (BNC2)

Alfian Pebriansyah dari SMKN 4 Pontianak meraih juara tiga Kompetisi roket air Asia Pasifik dalam rangka Asia-Pacific Regional Space Agency Forum (APRSAF) atau pertemuan lembaga antariksa Asia Pasifik ke-23 tersebut berlangsung di Los Banos, Filipina, Minggu (13/11)

Berita Terkait