728 x 90

16 -18 November UI gelar IEF-Fest

16 -18 November UI gelar IEF-Fest

Birokrasi News - Pemerintah Provinsi Jawa Barat bekerjasama dengan Balai Perpustakaan Universitas Indonesia (UI Depok) menggelar Indonesian Ethnographic Film Festival, atau bisa disebut IEF-Fest.

Rencananya, kegiatan ini akan berlangsung 16 -18 November 2016 di Ruang Apung & Library Plaza, Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat.

"Indonesian Ethnographic Film Festival ini, memberi redefinisi apa etnografi film, Etnografi itu tak hanya tentang film dokumenter, film feature, film fiksi juga bisa jadi karya etnografi," kata Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar saat bertemu Director Indonesian Ethnographic Film Festival, Franki Raden di kawasan Cikini Jakarta Pusat, Jumat (11/11).

Etnografi sendiri biasanya berisikan, atau menceritakan kebudayaan suatu suku bangsa, atau cerita kehidupan kelompok masyarakat tertentu.

Deddy menilai, festival film etnografi penting untuk diselenggarakan sebab Tanah Air ini memiliki kekayaan etnis, dan kekayaan budaya, juga berbagai macam kelompok masyarakat dengan masing - masing karakternya, yang dapat diacu sebagai materi, atau lahan penelitian dan kajian riset film berbasis etnografi.

"Begitu banyak peluang membuat film etnografi dengan berbagai keragaman yang ada di Indonesia, tokoh film dunia pun berdatangan 'Kesini' untuk membuat film, nah kita sebagai pribumi jangan ragu untuk buat film juga, jangan sampai materi kita habis diambil orang lain" ujar Deddy.

Berita Terkait