728 x 90

BI Catat Neraca Perdagangan Indonesia Surplus US$ 5,7

  • Rubrik Keuangan
  • Jumat, 11 Nov 2016 01:35
BI Catat Neraca Perdagangan Indonesia Surplus US$ 5,7

Birokrasi News - Bank Indonesia (BI) menyampaikan bahwa neraca perdagangan Indonesia (NPI) pada kuartal III 2016 surplus seiring meningkatnya surplus transaksi modal dan finansial serta menurunnya defisit transaksi berjalan. Saat ini, surplus neraca pembayaran mencapai US$ 5,7 miliar atau meningkat US$ 3,5 dari sebelumnya hanya US$ 2,2 miliar pada kuartal kedua tahun ini.

Kepala Departemen Statistik BI Hendy Sulistiowati mengatakan posisi cadangan devisa juga meningkat dari USD 109,8 miliar menjadi USD 115,7 miliar pada akhir triwulan III-2016. Menurutnya, angka ini setara dengan 8,5 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah.

"Neraca Perdagangan Indonesia (NPI) Kuartal III mencapai USD 5,7 miliar. Tahun lalu defisit USD 4,6 miliar. Ini menunjukkan tingginya laporan modal di kuartal III-2016," kata Hendy di gedung BI, Jakarta, Jumat (11/11).

Hendy menuturkan bahwa penurunan defisit transaksi berjalan ini ditopang oleh meningkatnya surplus neraca perdagangan barang. Penurunan defisit lebih lanjut tertahan oleh peningkatan defisit neraca pendapatan primer. "Ditambah dengan penurunan surplus neraca pendapatan sekunder ini karena ada moratorium tenaga kerja Indonesia yang dilakukan oleh Indonesia," katanya.

Dia menjelaskan, penurunan defisit transaksi berjalan ditopang oleh meningkatnya surplus neraca perdagangan barang karena naiknya surplus neraca nonmigas dari USD 5,2 miliar menjadi USD 5,3 miliar, dan turunnya defisit neraca migas dari USD 1,4 miliar menjadi USD 1,3 miliar. Selain itu, defisit neraca jasa juga menurun dari USD 2,2 miliar menjadi 1,5 miliar.

Di sisi lain, penurunan defisit transaksi berjalan juga tertahan oleh defisit neraca perdagangan primer yang meningkat dari USD 7,79 miliar menjadi USD 7,91 miliar, dan surplus neraca pendapatan sekunder yang menurun dari USD 1,23 miliar menjadi USD 1,02 miliar.

Berita Terkait