728 x 90

Pangandaran International Kite Festival 2016

Pangandaran International Kite Festival 2016

Birokrasi News - Pemerintah Daerah Kabupaten Pangandaraan akan kembali menyelenggarakan Festival Layang-layang atau Kite Festival pada  tanggal 15 16 oktober di lapang katapang doyong, pantai timur , pangandaran jawa barat.  

Acara yang merupakan momen tahunan di Pangandaran ini banyak ditunggu-tunggu oleh para wisatawan dan warga Pangandaran. “ Biasanya digelar pada musim angin “ ujar Kepala Bidang Destinasi Wisata Disparperindagko dan UMKM Kabuapten Pangandaraan Sony Agusman.

Mengapa layang-layang ? Karena layang-layang sudah menjadi budaya hidup sebagian besar dari masyarakat di Pangandaran.

Permainan layang-layang merupakan hobi yang digemari oleh berbagai kalangan dari anak-anak, tua, muda, laki-laki maupun perempuan. Oleh karna itu festival layang layang yang sering diikuti peserta yang berasal dari luar negeri ini dijadikan even tahunan oleh Pemda Kabupaten Pangandaran untuk dijadikan media promosi yang dapat menarik para wisatawan untuk hadir di Pangandaran.  

Festival yang sering diikuti oleh banyak peserta dari International Kite Flying Club. Pada saat festival, ribuan peserta dan pecinta layangan akan membanjiri arena serta membawa layangan dari berbagai bentuk, warna dan ukuran. 

Beberapa layang-layang tradisional seperti Bebean (berbentuk ikan), Janggan (berbentuk burung) dan Pecukan (daun berbentuk) dan juga layang-layang kreasi baru akan mengikuti kontes. Ukuran layang-layang adalah berkisar antara 4 meter – 10 meter panjang. Layangan Janggan bisa memiliki panjang ekor hingga 200 meter. Desain dari layang-layang biasanya dengan watna hitam, warna merah dan putih seperti layang-layang tradisional Bali, kecuali untuk layang-layang dengan kreasi baru.

Satu kelompok bisa terdiri dari lebih dari 10 orang dan tergantung pada ukuran layang-layang. Lebih panjang dan besar layangannya, maka anggotanya lebih banyak. Para anggota bersaing dengan anggota lain, dan para juri akan melihat cara mereka menerbangkan layangannya dan waktu yang lebih lama layang-layang bisa terbang. Layang-layang harus bisa mengikuti arus angin, sehingga anggota terbaik akan mendapatkan piala dan uang jika salah satu layang-layang dipilih untuk menjadi pemenang. (BNC1)

Berita Terkait