728 x 90

Ingin tarik investor migas, Pemerintah revisi PP 79 tahun 2010

Ingin tarik investor migas, Pemerintah revisi PP 79 tahun 2010

Birokrasi News  – Demi menarik minat investor pada sektor industri hulu migas nasional pemerintah mempercepat penyelesaian revisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 79 Tahun 2010 Tentang Biaya Operasi Yang Dapat Dikembalikan Dan Perlakuan Pajak Penghasilan Di Bidang Usaha Hulu Minyak Dan Gas Bumi.

Masukan dari para akademisi, stakehoder sektor ESDM, dan pelaku industri telah diminta guna memperkaya revisi PP 79.

“Revisi PP 79 sudah dibicarakan bersama dengan Kementerian Keuangan, dan kita berharap minggu depan ada kemajuannya,” ujar Plt. Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral. Luhut Binsar Pandjaitan ditemui usai Rapat Pembahasan Revisi PP 79 Tahun 2010 di Kementerian ESDM, Senin (29/8).

Disampaikan oleh Luhut, yang membuat investor tidak tertarik berinvestasi pada sektor Migas, karena regulasinya masih menyatakan ladang dengan kesulitan rendah, padahal kondisi sekarang ladang minyak yang ada, berada pada ladang minyak dengan kesulitan tinggi.

Pemerintah berharap PP hasil revisi nanti dapat membuat investor mau menanamkan investasinya di sektor yang penuh resiko ini. “ Pemerintah akan memberikan kemudahan-kemudahan dan insentif antara lain pajak, PPN, PPH selain itu pemerintah akan melihat per daerah jika daerah tersebut dianggap sulit sekali tentu harus dikasih intensif lebih daripada daerah-daerah lainnya,” ujar Luhut.

Direktur Jenderal Minyak Dan Gas Bumi, IGN Wiratmaja Pudja menambahkan, pasal-pasal perubahan sudah diajukan dan ada beberapa akan dikaji dan dibahas lagi. “Ada beberapa poin yang harus diselesaikan, minggu depan diharapkan sudah konek atau disingkronkan”.(BNC2)