728 x 90

Temukan celah Keamanan, Apple berikan 2 Milyar

Temukan celah Keamanan, Apple berikan 2 Milyar

Birokrasi News - September mendatang Apple akan gelar program Bug Bounty bagi siapa saja yang dapat menemukan celah keamanan di produk dan layanan yang disediakan Apple.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Head of Security Engineering and Architecture Apple, Ivan Krstic pada sebuah acara konferensi bertajuk Black Hats di Las Vegas, AS pekan lalu. Program tersebut memberikan iming-iming ganjaran berupa uang senilai hingga 200.000 dollar AS atau setara lebih dari Rp 2,6 Miliar, untuk hacker atau peneliti keamanan yang berhasil menemukan celah pada sistem keamanan Apple, dan melaporkannya untuk diperbaiki.Angka tersebut merupakan yang terbesar, dibandingkan dengan tawaran perusahaan teknologi lainnya seperti halnya Microsoft yang memberikan hadiah maksimal hingga 100.000 dollar AS. Namun, untuk sekarang kabarnya program tersebut hanya berlaku untuk kalangan terbatas, yakni para peneliti keamanan yang sebelumnya sudah pernah melaporkan celah security ke pihak Apple.

Meskipun begitu, pihak Apple juga tak menutup kemungkinan pihak lainnya untuk dapat ikut berpartisipasi, asalkan benar-benar bisa membawa informasi yang vira. Untuk hadiah, besarnya yang diterima peneliti akan dibedakan tergantung resiko keamanan yang dapat ditimbulkan oleh celah keamanan tersebut.

Bug yang dapat mengakses ke iCloud misalnya, Apple bakal hadiahi sang penemu dengan nilai hadiah 50.000 dollar AS. Sedangkan hadiah 200.000 dollar AS, bakal ditawarkan untuk orang yang dapat menemukan bug pada komponen firmware produk apple. Nah, bagaimana tertarik untuk mengikuti sayembara yang digelar Apple ? (BNC2)

Berita Terkait