728 x 90

September, Semua Kantor Direktorat Jenderal Pajak Layani Amnesti Pajak

  • Rubrik Keuangan
  • Selasa, 23 Ags 2016 23:22
September, Semua Kantor Direktorat Jenderal Pajak Layani Amnesti Pajak
Menteri Keuangan - Sri Mulyani Indrawati

Birokrasi News, Jakarta - Demi memaksimalkan kebijakan amnesti pajak Mulai awal September, semua kantor pajak dapat memberikan pelayanan terkait amnesti pajak. 

Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, “Semula kita hanya di 341 Kantor Pelayanan Pajak. Sekarang sudah di seluruh kantor DJP, 33 kanwil dan 207 KP2KP kita tambahkan. Plus, kita tambahkan di beberapa perbankan seperti Bank Mandiri, BRI dan BNI dia punya counter khusus,” jelas Menkeu saat konferensi pers di Aula Djuanda 1 Kementerian Keuangan, Jakarta pada Senin (22/08).

Selain itu, sebagai bagian dari perluasan saluran informasi dan layanan Amnesti Pajak di luar negeri, pemerintah membuka 3 points of service yaitu di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Singapura, Konsulat Jenderal RI Hongkong, dan KBRI Inggris. 

Menteri Keuangan juga menambahkan, upaya ini dilakukan untuk meminimalisir beberapa kendala yang dihadapi oleh wajib pajak untuk melakukan Amnesti Pajak. Salah satunya adalah kendala pengajuan amnesti pajak yang dibatasi di kantor pajak terdaftar. 

Hingga 23/08/2016 pemerintah mengumpulkan uang penalti pembayaran amnesti pajak sebesar Rp 995 miliar atau masih 0,6 persen dari target Rp 165 triliun, saat kebijakan ini berakhir pada 31 Maret 2017. 

Sedangkan total harta yang didelarasikan dan direpatriasikan berjumlah Rp 49,5 triliun, sejak pertama kebijakan ini diimplementasikan pada Juli lalu. 

Kebijakan amnesti pajak yang dimaksud untuk menambal APBN ini ditargetkan oleh pemerintah sebanyak Rp. 1.000 trilliun.